Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun 2023

Selasa, 23 Mei 2023 BMKG memberikan paparan pada Rapat Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun 2023 yang diadakan di Gedung Pusdalops Kantor BPBD Kotim.

Adapun paparan yang disampaikan BMKG meliputi: Rekapitulasi Hotspot Kab. Kotim, Potensi kemudahan terjadinya kebakaran, Prakiraan Musim Kemarau, Prakiraan Curah Hujan Dasarian dan Bulanan, serta Kesimpulan.

Rekapitulasi hotspot Kotawaringin Timur 2023 dijelaskan dalam bentuk grafik bulanan dimana pada bulan Januari dan Februari terdapat 14 titik panas, Maret terdapat 5 titik panas, April 59 titik panas, dan Mei sebanyak 27 titik panas. Titik panas terbanyak selama 5 bulan terakhir didominasi dari Kecamatan Telaga Antang sebanyak 31 titik, Antangkalang 20 titik, dan Mentaya Hulu 12 titik panas.

BMKG juga memaparkan potensi kemudahan terjadinya kebakaran seminggu kedepan (23-28 Mei 2023) yang mana berdasarkan peta Kemudahan Terjadinya Kebakaran atau FFMC (Fine Fuel Moisture Code) sebagian besar wilayah Kotawaringin Timur menunjukkan kondisi kering dan mudah terbakar hingga sangat kering dan sangat mudah terbakar.

Selanjutnya berdasarkan Prakiraan Awal Musim Kemarau Tahun 2023 untuk wilayah Kotawaringin Timur diprakirakan memasuki awal musim kemarau pada Juni Dasarian II hingga Juli Dasarian I. Sedangkan untuk Puncak Musim Kemarau Tahun 2023 untuk Wilayah Kalimantan Tengah diprakirakan mengalami puncak musim kemarau di bulan Juli hingga September.

Dalam paparannya BMKG menjelaskan Prakiraan Curah Hujan Dasarian dan Bulanan berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan model prakiraan hujan per-dasarian wilayah Kotawaringin Timur sebagai berikut:

  • Mei Dasarian III (tgl 21-31) hujan diprediksi rendah dengan sifat hujan bawah normal
  • Juni Dasarian I (tgl 1-10) hujan diprediksi rendah dengan sifat hujan bawah normal
  • Juni Dasarian II (tgl 11-20) hujan diprediksi rendah dengan sifat hujan bawah normal

Sedangkan untuk Prakiraan Curah Hujan Tiga Bulan kedepan sebagai berikut:

  • Bulan Juni 2023 akumulasi Curah Hujan berkisar antara 100-200 mm yang masuk dalam kategori menengah. Sifat Hujan diprediksi yaitu Normal hingga di bawah Normal;
  • Bulan Juli 2023 Curah Hujan berkisar antara 50-100 mm yang masuk dalam kategori rendah. Sifat Hujan diprediksi yaitu di bawah Normal;
  • Bulan Agustus 2023 Curah Hujan berkisar antara 20-100 mm yang masuk dalam kategori rendah. Sifat Hujan diprediksi yaitu di bawah Normal.
Kesimpulan dari paparan BMKG dalam Rapat Penetapan Siaga Karhutla sebagai berikut:
  • Berdasarkan Peta FFMC, wilayah Kotawaringin Timur secara umum cukup mudah terjadi kebakaran;
  • Awal Musim Kemarau Tahun 2023 di wilayah Kotawaringin Timur diprediksi antara Juni Dasarian I hingga Juli Dasarian II;
  • Prakiraan Curah Hujan 3 bulan kedepan masuk kategori rendah dengan sifat hujan normal hingga di bawah normal, yang mengindikasikan rendahnya kelembapan udara sehingga potensi kebakaran lebih tinggi;
  • Puncak Musim Kemarau Tahun 2023 di wilayah Kalimantan Tengah diprakirakan terjadi pada bulan Juli 2023. Musim kemarau tahun 2023 diprediksi datang lebih awal dari rata-ratanya dan cenderung lebih kering jika dibandingkan dengan kondisi dua tahun terkahir, hal tersebut berpotensi menimbulkan peningkatan resiko bencana kebakaran hutan dan lahan.
Berdasarkan paparan BMKG dan hasil Rapat yang telah dilaksanakan, Penetapan Status Siaga Karhutla 2023 untuk saat ini ditetapkan selama 60 hari (24 Mei – 22 Juli 2023). Dalam rapat ini Bupati Kotawaringin Timur juga menghimbau masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan.
 
 
 

Tinggalkan Balasan